Rabu, 25 Agustus 2010

WARTAJAKARTA, 3 Juli 2010

Sabtu, 03 Juli 2010
LA Light Indie Movie 2010 Kembali Digelar
Reporter By : Rudi/yanto



Tahun 2010 ini LA Lights Indie Movie kembali menyapa para sineas-sineas muda untuk kembali menyalurkan bakat dan hasrat berkarya dalam gelaran akbar yang digarap tiap tahunnya sejak tahun 2007.

Setelah sukses tahun 2009 lalu sukses dengan short story competition, kini LA Lights Indie Movie 2010 kembali memberi gebrakan dengan menghadirkan program baru yakni menghadirkan para penulis berbakat Indonesia untuk berbagi cerita dalam meramaikan bursa perfilman indie.

Para indies dalam acara ini diajak untuk mengadaptasi cerpen karya penulis tersebut untuk dijadikan film pendek. Para cerpenis tersebut adalah Arunita, Pidi Baiq, Suryatini N. Ganie, Raditya Dika, serta Helvy Tiana Rosa.


Selain itu, LA Lights Indie Movie tahun ini juga menggelar seminar animasi dengan pembicara Harris Reggy dan dua orang animator serial animasi Upin dan Ipin. Tak ketinggalan Kimimasa Inazumi dari Japan Foundation turut meramaikan melalui clay motion animasinya.
Sedangkan tema workshop tahun ini adalah Pop Up Your Imagination! yakni memfokuskan untuk bagaimana membuat film yang pendek namun dengan karakter yang kuat. Salah satu caranya adalah memasukkan gaya dan unsur baru dalam sebuah film.
Para profesional yang menjadi pembicara adalah mereka yang sudah pernah mengadaptasi sebuah cerita dengan gaya baru dan mereka yang pernah berani memasukan unsur baru pada karya mereka.
Mereka adalah Garin Nugroho, Lintang Pramudya Wardani, Riri Riza, Hanung Bramantyo, Salman Aristo, Ifa Isfansyah, Monod, H. german, Aria Agni, dan Barly. Sedangkan pembicara luar negeri adalah Kim Sung-Ho asal Korea, Sherand Anthony Sanchez asal Filipina dan Chris Schueler asal Amerika Serikat yang telah meraih Emmy Awards sebanyak 18 kali.

Dari sesi workshop tersebut setiap peserta akan menuliskan satu ide cerita yang kemudian akan diseleksi menjadi 50 peserta dengan ide cerita terbaik (di setiap kota). Kelima puluh peserta tersebut akan mengikuti sesi lanjutan, yaitu Meet The Producers – Pitch Your Idea, Pitch Yourself, hingga terpilih sepuluh peserta di setiap yakni kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Komposisi tim produser tahun ini adalah Arturo GP, John De Rantau, Lola Amaria, Titi Sjuman, Djenar Maesa Ayu.

Sepuluh peserta yang terseleksi di setiap kota akan dibagi menjadi dua tim untuk mengikuti program “Film Gue Cara Gue” dan “Bikin Film Bareng Artis”. Artis sutradara tahun ini adalah Raffi Ahmad, Cathy Sharon, Ariyo Wahab dan Alice Norrin.


Film Gue Cara Gue dan Bikin Film Bareng Artis merupakan proses langsung pembelajaran untuk memproduksi film pendek dengan karakter mereka masing-masing. Namun proses pembuatannya pun tidak sembarangan tanpa memperhatikan pakem-pakem yang sudah ada, melainkan secara profesional dengan didampingi oleh para pekerja film yang sudah berpengalaman.
“Peserta yang ikut LA Light Indie Movie 2010 sekitar 5000 orang sineas muda. Semoga mereka bisa menghasilkan karya film-film yang lebih baik lagi yang didapat dari kegiatan ini,” harap Riri Reza ditemui usai press conference LA Lights Indie Movie 2010 di PPHUI Kuningan, Jakarta, Sabtu (3/7). (Rudi)


http://wartajakarta.com/wartajk/kategori/media.php?module=detailberita&id=935

Tidak ada komentar:

Posting Komentar